Find us on Google Plus

Selasa, 30 Desember 2014

Posted by liya aliycia on 00.03 in | No comments
Manfaat Jus Tomat Untuk Kolestrol Tinggi


Pantangan Makanan- Kali ini saya akan membahas seputar pantangan makanan untuk penderita kolestrol tinggi  berikut ini:

Kolesterol adalah komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah semua binatang dan juga manusia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon -hormon steroid.

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Sebagai kolesterol baik, HDL bertugas mengambil kolesterol jahat serta fosolipida dari darah dan menyerahkan pada lipoprotein lain, untuk diangkut kembali ke hati. Kemudian lemak akan diedarkan kembali atau dikeluarkan dari tubuh. Inilah mengapa, kadar HDL tinggi justru dianggap baik.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab atau pemicu timbulnya kolesterol tinggi dalam darah. Penyebab meningktaknnya kadar kolesterol paling banyak disebabkan oleh asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk yang menjadi rutinitas sehari-hari.

Berikut ini ada 2 faktor penting yang menjadi penyebab dari kolesterol yang semakin meningkat, diantaranya adalah :

1. Faktor yang tidak dapat dikontrol

a. Keturunan. Apabila ada keluarga yang berkolesterol tinggi, maka besar kemungkinannya anak memiliki bakat unutk mempunyai kolesterol yang tinggi, resiko adanya suatu gangguan kesehatan biasa 6 kali lebih besar menimpa anak dibanding orang tua.

b. Usia. Setelah usia 20, kolesterol cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol akan mudah naik setelah umur 50 tahun. pada wanita, kolesterol akan mudah untuk naik setelah menopause.

2. Faktor yang daat dikontrol

a. Makanan telalu banyak lemak jenuh, seperti mentega, biskuit, dan fast food (makanan siap saji)
b. kelebihan berat badan
c. Kurang berolahraga
d. Merokok
e. Gaya hidup yang tidak sehat
f. Stress
g. Diabetes mellitus
h. Minum kopi berlelbihan
i. Diet yang salah
j. Obesitas

CIRI-CIRI TUBUH MEMILIKI KOLESTEROL TINGGI

Ciri-ciri atau tanda-tanda tubuh memiliki kolesterol tinggi adalah rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang hingga pundak, kaki bengkak, mudah capai dan gampang mengantuk. Tingginya nilai kolesterol merupakan hal yang sangat berbahaya karena beresiko menimbulkan penyakit serangan jantung, stroke, kanker prostat, dan penyakit lainnya. Dilansir dari Health.com, tujuh penyebab kolesterol tinggi yang dialami kebanyakan orang adalah :

1. Makanan sehari-hari

Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi seperti minyak kelapa,minyak kelapa sawit atau mentega dan keju,sehingga disarankan untuk bijak mengkonsumsi makanan sehari-hari agar tidak berlebih.

2. Berat badan

Berat badan berlebih tidak hanya menggangu penampilan tapi lebih banyak efek buruk kesehatannya.

3. Kurang bergerak

Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Kurang bergerak dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

4. Umur dan jenis kelamin

Setelah mencapai 20 tahun.kadar kolesterol biasanya cederung naik

5. Merokok

Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda sehingga yang beredar ditubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat bila tidak dikendalikan akan berakibat fatal.

Gejala Terkena Penyakit Kolesterol Tinggi
  • Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak, hal ini karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah
  • Sering sakit kepala, karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat
  • Cepat mengantuk, karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika anda sering merasakan 3L yakni lemah, letih dan lesu, ada baiknya anda segera mengecek kadar kolesterol tubuh anda.
  • Mudah lelah, orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Apakah anda sering bangun tidur dan terasa masih capek seharian ? Jika anda berusia diatas 30 tahun dan sering mengalami gejala ini segeralah periksa kesehatan anda secara rinci.
  •  Kesemutan, ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi makanan yang sehat adalah sebagai berikut :
  • Hindari menggoreng makanan menggunakan minyak yang terlalu panas
  • Usahakan tidak makan jika belum benar-benar lapar, meskipun sudah waktunya makan.
  • Tidak makan melebihi kebutuhan.
  • Kunyahlah makanan dengan baik
  • Hindari makanan dalam kondisi emosi tinggi, marah, tidak lapar, atau sedang kesakitan.
Manfaat Jus Tomat Untuk Kolestrol Tinggi 

Maka dari itu bagi anda yang memiliki masalah kolesterol tidak ada salahnya jika anda mencoba jus tomat untuk kolesterol karena tomat memiliki senyawa dan nutrisi yang baik untuk mengatasi kolesterol anda. Tomat merupakan tanaman organi yang memang telah di percaya ke hebatannya sejak dulu seperti mengobati penyakit jantung, diabetes, gula darah dan kolesterol. Tomat juga memiliki vitamin C, A, B1, B2, B3, B5, B6, beta karoten dan lainnya.
    Salah satu penyakit seperti kolesterol juga pasti menjadi penghambat bagi anda jika anda yang ingin memiliki tampilan yang lebih menarik dan menunjang kegiatan anda. Kolesterol merupakan penyakit yang ditimbulkan karena makanan yang kurang baik dan tidak dibarengi dengan pola hidup sehat.
    Kandungan Vitamin Jus Tomat

    Selain itu buah tomat tidak hanya baik dengan mengkonsumsi langsung tapi juga baik untuk di buat jus tomat untuk kolesterol karena vitamin dan segala yang baik dalam tomat memungkinkan anda memiliki tubuh yang lebih sehat jika di bandingkan dengan sebelumnya. Seperti buah lainnya, tomat atau jus tomat telah di anugerahi banyak hal yang luar biasa yang menarik perhatian orang mulai dari bentuk, rasa dan warna.

    Manfaat jus tomat untuk kolesterol yaitu karena jus tomat juga merupakan obat almi yang sangat baik untuk anda yang mengalami kolesterol tinggi. Jus tomat banyak mengandung serat yang bertindak untuk membantu memecah LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Di tambah lagi dengan B3 atau niasin yang di temukan dalam jus tomat telah digunakan sebagai cara alami untuk mengobati kolesterol tinggi selama bertahun-tahun yang lalu. Jadi bagi anda yang kurang suka dengan tomat, sekarang anda harus merubahnya.

    Detil info baca disini
    : http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-kolestrol-tinggi/

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Search Our Site

    Bookmark Us

    Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter