Find us on Google Plus

Rabu, 21 Januari 2015

Posted by liya aliycia on 01.04 in | No comments
Radang sendi adalah bagian tubuh di mana terdapat pertemuan ujung dua tulang. Fungsi utama sendi yaitu untuk pergerakan anggota tubuh. Contoh sendi antara lain sendi lutut, sendi siku, sendi jari tangan, sendi tulang belakang, sendi pangkal paha, dan sebagainya.

Pada keadaan tertentu, sendi dapat mengalami peradangan atau pembengkakan. Gangguan ini bisa terjadi pada salah satu sendi saja atau pada beberapa sendi. Peradangan pada sendi disebut dengan radang sendi.
PENYEBAB

Banyak hal yang dapat menyebabkan radang sendi. Beberapa di antaranya adalah kerusakan tulang rawan sendi, sehingga tulang saling bergesakan saat sendi digerakkan. Penyebab lain adalah sistem pertahanan tubuh salah mengenali selaput sendi dan menyerang selaput tersebut sehingga mengalami peradangan dan pembengkakan.

Selain itu, radang sendi juga dapat disebabkan oleh penumpukan asam urat. Radang sendi tipe ini biasanya menyerang sendi lutut, sendi jari kaki, atau sendi jari tangan. Penyebab radang sendi yang lain adalah infeksi oleh kuman penyakit.

GEJALA

Gejala radang sendi tergantung pada penyebabnya. Walaupun demikian, secara umum gejala radang sendi adalah:
  • Nyeri
  • Kaku
  • Bengkak
  • Merah    
  • Hangat    
  • Pergerakan sendi terbatas.
Jika penyebabnya adalah karena kerusakan tulang rawan, maka ketika sendi digerakkan akan terasa nyeri dan berbunyi. Umumnya, radang sendi jenis ini terkait dengan pertambahan usia.

Jika penyebabnya karena gangguan sistem pertahanan tubuh, biasanya tidak hanya satu sendi yang terlibat, tapi beberapa. Ciri yang lain adalah bengkak, nyeri, panas, dan kaku sendi lebih berat di pagi hari.

Jika penyebab radang sendi adalah penumpukan asam urat di tulang rawan sendi, maka nyeri biasanya tumpul dan terjadi terus menerus. Seringkali rasa nyeri timbul setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam urat seperti kacang-kacangan, daun bayam, jeroan, udang, atau dan lain-lain.

Radang sendi karena infeksi terjadi karena selaput sendi atau tulang rawan sendi mengalami kerusakan atau robekan, sehingga bakteri penyebab infeksi leluasa masuk dan menginfeksi ruang sendi.

Baca juga artikel lainya pengobatan alami penyakit radang sendi

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter