Find us on Google Plus

Kamis, 15 Januari 2015

Posted by liya aliycia on 22.06 in | No comments
Penyakit vitiligo merupakan sejenis penyakit yang disebabkan oleh hilangnya melanin pada bagian kulit karena melanosit sudah tidak mampu memproduksi melanin. Penyebab vitiligo yaitu sel melanosit masih ada namun sudah tidak mampu memproduksi melanin. Kemudian sel melanosit lama kelamaan juga akan ikut hilang. Munculnya Vitiligo ditandai dengan beberapa gejala awal seperti munculnya bercak-bercak berwarna putih pucat pada permukaan kulit, berkurangnya warna kulit pada sebagian permukaan kulit yang lama kelamaan akan terlihat lebih jelas. Kemudian warna kulit tersebut akan benar-benar hilang. Dalam dunia kedokteran, keadaan seperti ini disebut dengan depigmentasi atau keadaan kulit yang sudah tidak memiliki warna aslinya.

Penyebab Vitiligo Sampai saat ini para ahli memang belum menemukan secara jelas apa yang menjadi penyebab vitiligo yang paling utama. Tetapi, ada beberapa faktor yang sering dikaitkan dengan munculnya vitiligo seperti faktor malfungsi dari kekebalan tubuh seseorang yang gagal dalam mengenali bagian tubuhnya sendiri. Sehingga sistem imunitas tersebut akan melawan sel dan juga jaringan pada tubuh seseorang tersebut. Meskipun penyebab vitiligo belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa penelitian yang mengaitkan beberapa faktor di bawah ini yang menyebabkan terjadinya vitiligo.
  • Gangguan autoimun, sistem kekebalan pada tubuh penderita menjadi sangat aktif, sehingga menghancurkan seluruh melanosit. Melanosit yaitu sel yang terdapat dibagian epidermis kulit dan berfungsi untuk memproduksi melanin. Sedangkan melanin yaitu pigmen kecoklatan dan berfungsi untuk menghadang efek yang buruk dari sinar matahari. Dengan begitu akan menurunkan jumlah sinar yang masuk ke dalam kulit. Selain itu, melanin juga berfungsi sebagai pigmen untuk membentuk warna kulit, mata manusia dan juga rambut.
  • Terjadinya trauma atau gesekan, hal itu terjadi pada bagian yang rawan seperti kaki, tangan, siku, lutut dan pergelangan tangan.
  • Mengalami stress yang berkepanjangan. Terkena sengatan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama atau disebabkan terkena luka bakar.
  • Faktor genetika, penyebab vitiligo juga dapat terjadi karena faktor keturunan. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kasus ini ditemukan dari penderita yang memiliki jalur keluarga yang mengalami vitiligo.
  • Terkena bahan kimia yang terlalu keras.
  • Kehilangan pigmen kulit yang disebabkan seseorang tersebut memiliki melanoma atau keganasan dari sel-sel yang dapat memproduksi melanosit (melanin).
Baca juga artikel lainya Pengobatan Tradisional Vitiligo

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter